Senin, 11 April 2016

Permainan Tahun 90an Yang Bikin Kangen

sekarang sudah jarang sekali ditemukan, permainan anak zaman sekarang banyak menggunakan mesin dan alat elektronik. Anak zaman sekarang lebih sering berada di depan play stasion, tablet atau komputer ketimbang bermain bersama teman sebayanya. Sosialisasi dengan lingkungan dan teman lebih berkurang, akhinya individualisme semakin kuat sedangkan tenggang rasa dan kesetiakawanan sosial semakin melemah.

 tidak sebagai permainan belaka, tetapi mampu menanamkan nilai-nilai sportifitas dan kebersamaan. Berita permainan anak tahun 90-an yang bisa dikatakan permainan anak Indonesia.
petak umpet

Petak Umpet Petak umpet merupakan permainan anak tahun 90-an yang melibatkan banyak orang. Satu orang sebagai pencari, sedangkan lainnya bersembunyi. Begitulan permainan dilakukan secara bergiliran. Permainan ini membutuhkan kelincahan dan strategi, tidak terbatas hanya untuk anak laki-laki atau perempuan, anak-anak berbaur penuh keceriaan.



 Kelereng
 
Bermain Kelereng Sambil Belajar Matematika | Republika OnlineSiapa yang tau kelereng, bola kecil terbuat dari kaca ini menjadi permainan anak Indonesia tahun 90-an. Hingga kini kelereng masih banyak beredar dan dijadikan permainan sebagian anak-anak Indonesia.





Ular Tangga 

Ular Tangga Spiderman
 Ular tangga adalah permainan berkelompok yang bisa dimainkan 2 hingga 5 orang. Memainkannya sangat mudah, cukup selembar karton dengan kotak-kotak ular dan tangga, pion dan dadu. Mereka yang mencapai puncak angka tertinggi adalah pemenang. Permainan akan seru saat ada yang sudah berada di atas tapi terpaksa turun banyak karena berhenti di ekor ular. Permainan sejenis adalah halma.

Main Bola Bekel
Permainan Lantun (Kucing-kucing/Bekel) | Kebudayaan Indonesia Saat istirahat sekolah, anak perempuan biasanya duduk di teras kelas dan bermain bola bekel secara kelompok. Mainan ini terdiri dari bijian khusus mirip kerang dan sebuah bola karet yang namanya bekel. keterampilan menangkap bola sekaligus menyusun biji-bijian menjadi bentuk khusus. Bola bekel adalah salah satu mainan top di masanya.




Congkak
Permainan ini merupakan salah satu permainan yang tertua yang ada di Indonesia. Permainan congklak ini disebut juga dakon kalau di daerah Jawa. Permainan ini menggunakan papan dan juga biji-bijian.

Papan panjang yang telah dilubangi menjadi media dan pemain harus memasukkan biji-bijian ke dalamnya. Siapa yang memiliki biji terbanyak akan menjadi pemenangnya. Sayangnya permainan ini hanya bisa dimainkan oleh dua orang saja. 

Engklek 

Permainan yang satu ini sering disebut juga dengan engklek di Jawa. Permainan ini sangat simpel dan juga mudah serta tidak membutuhkan banyak alat. Selain itu permainan ini juga sangat menyehatkan.
Permainan ini pada dasarnya hanya mengandalkan kekuatan kaki dan juga keseimbangan saja. Setiap pemain harus menapakkan satu kakinya di tanah dan yang lain harus diangkat. Pemain harus melompat sesuai dengan angka yang tertulis di tanah. Setelah melemparkan batu dan tidak terkena garis maka pemain boleh berjalan. Jika batu mengenai garis atau kaki mengenai garis maka ia kehilangan giliran dan harus berhenti.

 Ayo...mari kita lestarikan warisan budaya Lokal bangsa Indonesia dengan tetap melastirkan jenis permainan Lokal/Tradisional yg saat ini semakin punah di makan oleh Zaman,bahkan di era tahun 2000 belasan ini,penggunaan Internet Uncontrolable,anak2 terlau cepat dewasa sebelum waktunya,mudahnya akses Informasi berdampak 2 sisi positif dan negatif,hal tsb perlu kita sikapi dengan bijak.

Mainan ini sudah sangat sulit di dapatkan,tapi di sini,kami berusaha menampilkanya kembali.
Kalo dulu kamu punya mainan ini, "Berarti masa kecil kamu bahagia agan/sista"




https://bermainasianpoker88.wordpress.com/2016/04/04/cara-mendaftar-di-asianpoker88/

1 komentar:

  1. artikel ini sangat bagus sekali. semoga makin banyak orang yang membacanya dan mengambil manfaat dari artikel ini.kunjungi kami jugA di disini

    BalasHapus