Selasa, 12 April 2016

PERBEDAAN ANTARA CUMI-CUMI DENGAN SOTONG




Cumi-cumi dan sotong merupakan anggota filum molusca (hewan lunak) yang memiliki nilai ekonomi penting bagi manusia. Mereka banyak diburu untuk dijadikan hidangan lezat dalam berbagai masakan. Cumi dan sotong tubuhnya berotot dan kenyal serta memiliki ctarasa yang enak untuk dimakan.

Cumi-cumi (squid) dan sotong (cuttlefish) memiliki ciri tubuh yang hampir serupa, namun mereka sebenarnya adalah spesies yang berbeda. Namun di jepang, mereka tidak dibedakan dan keduanya disebut dengan nama yang sama yaitu “ika”.
 
Cumi dan sotong sama-sama memiliki 10 tentakel yang terdapat pada kepalanya. Mereka juga memiliki badan seperti torpedo dengan bagian belakang yang meruncing serta terdapat sirip di sisi tubuhnya. Perbedaan cumi dan sotong dapat dilihat dari bentuk tubuhnya dan letak siripnya
 
 Tapi tahukah anda kalau cumi-cumi, sotong, dan adalah hewan yang berbeda satu sama lainnya?
 
 Cumi-cumi 
 
Image result for gambar cumi
 
 Cumi-cumi adalah binatang dari ordo Teuthida yang memiliki bentuk tubuh silinder memanjang agak meruncing dengan cangkang berbentuk tangkai di dalam tubuhnya. Tentakelnya ada sebanyak 10 buah yang terdiri dari 8 tentakel lengan dan 2 tentakel panjang. Terdapat sepasang sirip di ujung ekornya yang membantu cumi-cumi berenang di air laut. Cumi-cumi merupakan karnivora yang makan dengan mencabik dan menelan mangsanya. Untuk bersembunyi dari penglihatan predator, cumi-cumi hanya mampu mengeluarkan tinta dan mengubah warna kulit.

 
 Sotong
 
Image result for gambar sotong 
 
Sotong adalah binatang laut dari ordo Sepiida yang memiliki cangkang dari zat kapur dan menyerupai perisai. Tubuh sotong berbentuk memanjang dan agak pipih yang memiliki 10 buah tentakel. Terdapat sepasang sirip di leher dan ekor sotong yang membantunya berenang. Untuk menghindari para predatornya, sotong umumnya akan menyemprotkan tinta hitam, mengubah warna tubuh, dan menyamarkan tekstur kulitnya. Cara sotong memakan mangsanya adalah dengan mencabik dan menelannya.
 
Dengan memperhatikan kedua ciri tersebut, akan sangat jelas dalam membedakan antara cumi dan sotong sehingga kita tidak akan bingung lagi untuk membedakan keduanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar